Prinsip perkembangan psikologis
Tujuan
Vygotsky adalah menciptakan psikologi secara teoritis dan metodologis sederajat
dengan meneliti karakteristik manusia yang unik.
Asumsi Dasar
Ada
tiga bidang yang membentuk landasan analisi Vygotsky terhadap perkembangan
kapabilitas mental manusia, yaitu:
- Hakikat kecerdasan manusia
- Dua deret baris perkembangan psikologis yang berbeda, biologis dan cultural histori.
- Desain mode eksperimental untuk menginvestigasi proses psikologis yang dinamis.
Prinsip Pembelajaran
Baik itu kultur individual maupun hubungan pendidikan dengan
perkembangan berperan penting dalam perkembangan kognitif. Mereka member dasar
untuk menyimpulkan asumsi dasar tentang pembelajaran.
Peran
kultur
Menurut Vygostsky, kultur tidak hanya memberi latar untuk
perkembangan kognitif individual. Kultur memberi symbol-symbol cultural (perangkat psikologis) dan anak
belajar berpikir dengan bentuk penalaran ini.
Vygotsky
dan Luria meneliti pendapat mereka tentang perbedaan historis-kultural di awal
1930-an di wilayah Uni Soviet secara terpisah. Studi ini menyimpulkan bahwa
membandingkan objek berdasarkan atribut logis dan mengeneralisasikannya ke
dalam kategori logis yang sudah dikenal baik bukanlah sebuah operasi yang
universal.
Hubungan
antara Pendidikan dan Perkembangan
Vygotsky mendeskripsikan dua cara pembelajaran mempengaruhi
perkembangan, yaitu: pertama, berlajar
yang baik akan mendahului dan memandu perkembangan, tugas kognitif yang dapat
diselesaikan anak dengan guru pada hari ini, akan dapat diselesaikan sendiri
esok harinya. Dengan kata lain, baik itu pembelajaran maupun imitasi berperan
penting dalam perkembangan anak. Kedua, pelajaran akademik merupakan hal
penting untuk perkembangan kognitif anak. Yakni, “pemikiran abstrak berkembang
di semua pelajaran (yang dipelajari pemelajar)”. Pelajaran seperti membaca dan
matematika memuat aktivitas yang membutuhkan kesadaran diri dan control sadar.
Komponen Pembelajaran
Komponen
penting dari pembelajaran adalah :
- Menentukam tahap pembelajaran yang tepat
- Mengimplementasikan hokum genetic perkembangan kognitif
- Mengembangkan pemikiran verbal siswa
Daftar Pustaka
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi.
Jakarta: Kencana
0 komentar:
Posting Komentar