NAMA KELOMPOK :
PERAN
TEKNOLOGI DALAM DUNIA PERKULIAHAN
BAB
1
PERENCANAAN
1.1
PENDAHULUAN
Pada
tugas mini proyek kali ini kami memilih topik : Peran Teknologi Sebagai Media
Belajar Pada Mahasiswa Dan berjudul: Peran Teknologi Dalam Dunia Perkuliahan. Teknologi berasal dari
istilah teckne yang berarti seni (art) atau keterampilan. Menurut Dictionary of
Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah
praktis. Seperti
yang kita lihat, Perkembangan teknologi telah memperngaruhi seluruh aspek kehidupan
tak terkecuali pendidikan, dewasa ini teknologi sudah berkembang dengan sangat
pesat karna teknologi dapat berkembang dalam hitungan detik saja. Dan tidak dapat dipungkiri kalau teknologi tidak
bisa dilepaskan dari kehidupan sekarang ini, sebab teknologi sudah menjadi
konsumsi dari berbagai kalangan, tidak luput juga bagi dunia pendidikan.
Teknologi bisa menjadi salah satu alternative dalam kegiatan belajar mengajar
(KBM). .
Perkembangan
teknologi informasi khususnya komputer banyak mengubah pola hidup dan gaya
hidup secara global. Dan dengan sendirinya berubah pula kebiasaan, baik dalam
bergaul, berteman, dalam lingkungan kerja, sekolah maupun dalam keluarga. Hal
ini sangat dirasakan dampaknya dimana tingkah laku dan kebiasaan yang
sebelumnya tidak pernah terjadi kini dapat kita baca di media masa, kita tonton
melalui layar TV dan kita saksikan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Tidak
sampai disitu, dalam dunia pendidikan misalnya, pola dan gaya hidup ini sudah
dapat kita rasakan dalam pergaulan anak didik kita, yang tadinya pendiam kini
berubah jadi periang, yang tadinya pemalu kini berubah menjadi pemberani dan
seterusnya. Ini berarti kebiasaan dan gaya hidup siswa sudah mulai berubah. Hal
ini bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif tergantung bagaimana
kita mengarahkannya.Peran Teknologi InformasiPenggunaan teknologi informasi
khususnya komputer kini sudah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah,
mulai sekolah dasar hingga ke sekolah lanjutan atas dan sekolah kejuruan. Namun
demikian yang paling besar pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, di mana
hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini
dalam perkuliahannya, baik melalui tatap muka maupun secara online. Sebagai
contoh seorang dosen dalam menyampaikan materinya tidak hanya mengandalkan
media konvensional saja, melainkan sudah menggunakan unsur teknologi di
dalamnya. Biasanya seorang dosen atau guru di PT tertentu dalam menyampaikan
materi kuliah ditampilkan dalam bentuk slide presentasi dengan bantuan
komputer. Dengan teknologi ini mahasiswa atau siswa bisa mengikuti matakuliah
dengan baik, karena materi yang disampaikan selain mengandung materi yang
berbobot juga mengandung unsur multimedia yang bisa menghibur.Di mana dengan
bantuan komputer yang dihubungkan dengan multimedia projector seorang dosen
tidak perlu menekan tombol keyboard atau papan ketik melainkan cukup menekan
remote control yang dipegangnya.
Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah bisa dikatakan cukup baik, penerapan teknologi tinggi ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun saja sejak teknologi jaringan mulai dikenal dan diterapkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) beberapa tahun lalu dan untuk Sekolah Lanjutan Atas dengan masuknya kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Dengan teknologi ini seorang dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja melainkan sudah menggunakan berbagai media komunikasi yang dipadukan dengan teknologi networking, misalnya Intranet dan Internet.
Di negara maju dan di beberapa negara berkembang dimana tingkat pendidikannya sudah bisa dikatakan cukup baik, penerapan teknologi tinggi ini sudah berjalan lebih dari 20 tahun. Sementara di Indonesia baru beberapa tahun saja sejak teknologi jaringan mulai dikenal dan diterapkan sebagai salah satu materi pelajaran di sekolah menengah kejuruan (SMK) beberapa tahun lalu dan untuk Sekolah Lanjutan Atas dengan masuknya kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Dengan teknologi ini seorang dosen atau guru dalam menyampaikan materinya tidak hanya dalam bentuk tatap muka saja melainkan sudah menggunakan berbagai media komunikasi yang dipadukan dengan teknologi networking, misalnya Intranet dan Internet.
1.2
LANDASAN TEORI
Pada
proyek kali ini kami menggunakan teori
dari hubungan teknologi dan pendidikan, ubiquitous computing, teori motivasi dan teori belajar.
Teknologi
merupakan bagian dari pendidikan dan sebagai sarana untuk mendapatkan
pendidikan , informasi atau pengetahuan. Teknologi dan pendidikan saling berhubungan.
Pada zaman sekarang ini, pendidikan sangat diharuskan untuk didampingi oleh
teknologi, dikarnakan dalam penelitian oleh National Assesment of Educational
Progress (NAEP), murid di grade 4, 8, dan 12 yang menggunakan internet dirumah
mendapatkan nilai sains yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak
menggunakan internet. Selain internet, teknologi yang lain yang sekarang lazim
dilihat pada kebanyakan sekolah-sekolah dan perguruan tinggi seperti laptop
atau computer, lab, dan sebagainya merupakan componen-komponen yang wajib ada
disekolah atau perguruan tinggi karena ini merupakan hal yang penting.
Adapun teori lain yang berhubungan
dengan peran teknologi yaitu Ubiquitous computing . Ubiquitous
computing adalah generasi computer yang akan datang, dimana generasi ini
menekankan distribusi computer kelingkungan , ketimbang ke personal. Dalam
lingkungan ini teknologi akan menjadi latar belakang pada zaman sekarang, kita
mulai memasuki zaman ubiquitous computing yang mana sudah banyak terdapat
perangkat computer yang kecil, portable, mobile dan harganya murah yang telah
menggantikan computer pribadi pada generasi kedua ubiquitous adalah kebalikan
dari realitas virtual. Jika realita virtual menempatkan orang didalam dunia
yang diciptakan computer. Ubiquitous computing akan memaksa computer eksis
didunia manusia. Perangkat computer ini lebih cocok untuk pendidikan karena
dipasangkan dengan jaringan murah, dapat memampukan murid untuk membawa
perangkat informasi personal kelapangan untuk membantu mengerjakan suatu tugas
dan bias dibawa pulang dan dapat digunakan tanpa dibatasi lokasi.
Teori selanjutnya yaitu Motivasi,
merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau
mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau
keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata
lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang
yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh
kesuksesan dalam kehidupan.
Motivasi
dapat berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Dimana motivasi intrinsik adalah suatu motivasi yang datang
dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa adanya paksaan dari
luar, bila diaplikasikan dengan ini proyek ini maka seseorang tersebut
melakukannya memang keinginan dari dalam diri untuk mempelajari teknologi.
Sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan suatu motivasi yang berasal dari luar
diri seseorang dimana pada tahap ini seseorang tersebut termotivasi untuk
mempelajari teknologi karena lingkungan dan orang-orang sekitarnya yang
mengharuskan dia untuk mempelajari hal tersebut. Pada dasarnya setiap orang mampu
melakukan sesuatu itu karena adanya motivasi yang membuat dia mau melakukan
suatu tindakan tertentu, baik itu berasal dari dalam dirinya maupun dari luar.
Teori McClelland (Teori
Kebutuhan Berprestasi)
Dari McClelland dikenal tentang
teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang
menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan
seseorang akan prestasi. Murray sebagaimana dikutip oleh Winardi merumuskan
kebutuhan akan prestasi tersebut sebagai keinginan :“ Melaksanakan sesuatu
tugas atau pekerjaan yang sulit. Menguasai, memanipulasi, atau mengorganisasi
obyek-obyek fisik, manusia, atau ide-ide melaksanakan hal-hal tersebut secepat
mungkin dan seindependen mungkin, sesuai kondisi yang berlaku. Mengatasi
kendala-kendala, mencapai standar tinggi. Mencapai performa puncak untuk diri
sendiri. Mampu menang dalam persaingan dengan pihak lain. Meningkatkan
kemampuan diri melalui penerapan bakat secara berhasil.”
Teori berikutnya yaitu teori belajar
Piaget, Piaget
mengembangkan teori perkembangan kognitif yang cukup dominan selama beberapa
dekade. Dalam teorinya Piaget membahas pandangannya tentang bagaimana anak
belajar. Menurut Jean Piaget, dasar dari belajar adalah aktivitas anak bila ia
berinteraksi dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya. .
Menurut Piaget
perkembangan intelektual didasarkan pada dua fungsi yaitu organisasi dan
adaptasi.
1. Organisasi
memberikan pada organisme kemampuan untuk mengestimasikan atau mengorganisasi
proses-proses fisik atau psikologis menjadi sistem-sistem yang teratur dan
berhubungan.
2. Adaptasi,
terhadap lingkungan dilakukan melalui dua proses yaitu asimilasi dan akomodasi.
·
Asimilasi.
Asimilasi adalah proses kognitif dimana seseorang
mengintegrasikan persepsi, konsep atau pengalaman baru kedalam skema atau pola
yang sudah ada dalam pikirannya. Asimilasi dipandang sebagai suatu proses
kognitif yang menempatkan dan mengklasifikasikan kejadian atau rangsangan baru
dalam skema yang telah ada. Proses asimilasi ini berjalan terus. Asimilasi
tidak akan menyebabkan perubahan/pergantian skemata melainkan perkembangan
skemata. Asimilasi merupakan salah satu proses individu dalam mengadaptasikan
dan mengorganisasikan diri dengan lingkungan baru pengertian orang itu
berkembang.
·
Akomodasi.
Akomodasi adalah pembentukan skema baru atau
mengubah skema lama sehingga cocok dengan rangsangan (pengalaman ) yang baru, atau memodifikasi skema yang ada
sehingga cocok dengan rangsangan yang ada.
·
Ekuilibrasi.
Ekuilibrasi
adalah keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi sedangkan diskuilibrasi
adalah keadaan dimana tidak seimbangnya antara proses asimilasi dan akomodasi,
ekuilibrasi dapat membuat seseorang menyatukan pengalaman luar dengan struktur
dalamnya.
1.3 TUJUAN
·
Untuk
mengetahui seberapa penting peran teknologi bagi mahasiswa
·
Untuk
mengetahui bagaimana perkembangan teknologi saat ini
·
Untuk
mengetahui apa dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi
1.4 ALAT DAN BAHAN
·
Alat tulis
·
Laptop
·
Kuestioner
·
Printer
·
Kamera
·
Reward
1.5 ANALISIS DATA
Dalam pengumpulan data
pada tugas mini proyek ini, kami menggunakan metode penarikan kesimpulan dengan
cara pengisian kuesioner tentang peran teknologi dalam dunia perkuliahan
1.6 Objek dan Subjek Penelitian
Pada tugas mini proyek
ini , untuk memproleh data kami menggunakan beberapa objek yang berasal dari
kalangan mahasiswa/mahasiswi dari beberapa Universitas dan beberapa fakultas
seperti USU, IAIN, UMSU, UNIMED, POLMED.
Kuesioner dilakukan dengan mengunjungi fakultas masing-masing.
Beberapa responden yang
kami wawancarai , yaitu:
1.
Mawaddah nasution ( Ilmu komputer - USU )
2.
Murni kurniati ( Ilmu computer - USU )
3.
Siti Ramadani ( Perbandingan hukum dan
mazhab – IAIN )
4.
Zulfikar hasibuan ( Pend. Bahasa Inggris
– IAIN )
5.
Rianda gusna dewi ( Ekonomi Islam – IAIN
)
6.
Haza Irma dwi juliansyah ( Teknik Elektro - POLMED)
7.
Majidah ( Pend. Matematika – UMSU )
8.
Khioriah lubis ( Pend. Bahasa Inggris –
UMSU )
9.
Dinauli Fatwa ( FKG – USU )
10.
Atika Rahmah ( Geografi – USU )
KUESIONER
Nama
:
Fakultas / Universitas
:
Jurusan
:
- Bagaimana pendapat anda dengan perkembangan teknologi saat
ini?
………………………………………………………………………………………
- Apakah saat ini anda sudah memiliki gadget yang
canggih? Jika sudah sebutkan apa saja? ……………………………………………………………………………………......
- Seberapa penting peran teknologi dalam kehidupan anda.
Jelaskan! ....................................................................................................................................
- Untuk kepentingan apa saja anda menggunakan teknologi.
Jelaskan! …………………………………………………………………………....................
- Dalam sehari Seberapa lama anda menghabiskan waktu
besama teknologi? ……………………………………………………………………….........................
- Sebutkan dampak positif dan negative dari penggunaan
teknologi dalam kehidupan anda! ……………………………………………………………………………………….
- Apa yang anda rasakan
jika dalam sehari anda tidak
menggunakan teknologi (terutama handphone dan laptop) ? …………………………………………………………………………..
1.7
Jadwal
Perencanaan
NO
|
Kegiatan
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
I
|
|||
1
|
Pemilihan Tema dan Judul
|
√
|
|||||||||
2
|
Diskusi Metode dan pelaksanaan
|
√
|
|||||||||
3
|
Pembuatan Pendahulan dan Landasan
Teori
|
√
|
|||||||||
4
|
Menentukan alat dan bahan
|
√
|
|||||||||
5
|
Menentukan subjek
|
√
|
|||||||||
6
|
Membuat kuesioner
|
√
|
|||||||||
7
|
Pembelian reward
|
√
|
|||||||||
8
|
Pelaksanaan observasi
dan pemberian kuisoner
|
√
|
|||||||||
9
|
Diskusi untuk menganalisis data
yang diperoleh
|
√
|
|||||||||
10
|
Pembuatan laporan
|
√
|
|||||||||
11
|
Penarikan kesimpulan
|
√
|
|||||||||
12
|
Pembuatan poster
|
√
|
|||||||||
13
|
Evaluasi
|
√
|
|||||||||
14
|
Posting Blog
|
√
|
1.8 Kalkulasi Biaya
Print kertas untuk kuesione
|
Rp.
4.000
|
Foto copy kuesioner
|
Rp.
6.000
|
Transportasi
|
Rp.
20.000
|
Reward ( pulpen)
|
Rp.
30.000
|
Total
|
Rp.
60.000
|
BAB
II
2.1 Jadwal
Pelaksanaan
No.
|
Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat
|
1.
|
Diskusi pemilihan opic dan
penentuan judul
|
21 April 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
2.
|
Diskusi perencanaan kegiatan dan
penentuan metode yang akan digunakan
|
25 April 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
3.
|
Diskusi pembuatan pendahuluan dan
landasan teori
|
26 April 2012
|
12.00WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
4.
|
Diskusi penentukan alat dan bahan
|
27 April 2012
|
11.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
5.
|
Diskusi penentukan subjek
|
27 April 2012
|
12.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
6.
|
Diskusi pembuatan kuesioner
|
4 Mei
2012
|
11.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
7.
|
Pembelian reward
|
5 Mei 2012
|
14.00 WIB
|
Pajus
|
8.
|
Pelaksanaan observasi dan
pemberian kuisoner di UMSU
|
10 Mei 2012
|
13.00WIB
|
UMSU
|
Pelaksanaan observasi dan
pemberian kuisoner di AIAN
|
10 Mei 2012
|
15.30 WIB
|
AIAN
|
|
Pelaksanaan observasi dan
pemberian kuisoner di USU
|
11 Mei 2012
|
11.30 WIB
|
USU
|
|
Pelaksanaan observasi dan
pemberian kuisoner di POLMED
|
12 Mei 2012
|
14.30 WIB
|
POLMED
|
|
9.
|
Diskusi untuk menganalisis data
yang diperoleh
|
16 Mei 2012
|
14.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
10.
|
Pembuatan laporan
|
17 Juni 2012
|
12.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
11.
|
Penarikan kesimpulan
|
2 Juni 2012
|
09.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
12.
|
Pembuatan poster
|
3 Juni
2012
|
11.00 WIB
|
Rumah hikmah
|
13
|
Evaluasi
|
4
Juni 2012
|
09.00 WIB
|
Fakultas Psikologi USU
|
14
|
Posting Blog
|
9 Juni
2012
|
20.00 WIB
|
Rumah masing-masing anggota
|
BAB
III
3.1
PELAPORAN DAN EVALUASI
Laporan Penelitian :
Bedasarkan hasil kuisoner , kami
mendapat beberapa jawaban dari masing-masing objek tersebut. Jawaban dari
kuisoner tersebut kemudian kami rangkum dan uraiannya adalah sebagai berikut :
- Perkembangan teknologi di era
globalisasi ini sudah semakin maju, canggih dan modern.. Teknologi
terus-menerus berkembang seiring berkembangnya zaman. Saat ini, peradaban
sudah mulai mengarah ke dunia yang serba teknologi sehingga kehidupan
manusia sangat bergantung terhadap teknologi , Perkembangan teknologi
informasi khususnya komputer sudah banyak mengubah pola hidup dan gaya
hidup secara global, tetapi tetap teknologi dikontrol oleh manusia itu
sendiri, jangan sampai teknologi menguasai manusia.
- Saat ini para mahasiswa sudah
memiliki gadget yang canggih seperti handphone, laptop, ipad . dan dengan
adanya gadget tersebut mahasiswa dapat mempergunakannya dalam kegiatan
yang positif .
- Peran teknologi dalam kehidupan
maupun dalam dunia perkuliahan itu sangat penting karena saat ini hampir
semua kegiatan kita sudah bergantung pada teknologi. Dan dengan adanya
teknologi pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Teknologi
juga bisa menjadi salah satu alternative dalam kegiatan belajar mengajar.
Seperti dapat membantu kita dalam
menyelesaikan tugas perkuliahan, dan Belajar dengan menggunakan teknologi
dapat membantu mengembangkan materi secara mandiri, Teknologi juga sangat
membantu dalam memperluas wawasan , serta
dengan teknologi dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan
siapa pun dan dimanapun.
- Teknologi digunakan untuk
kepentingan pendidikan, hiburan, pekerjaan dan social. Seperti kita bisa menggunakan teknologi dalam proses
belajar dan mengajar, mengerjakan tugas kuliah, dan dengan bantuan
teknologi tersebut semua informasi tentang tugas-tugas perkuliahan mudah
didapatkan. Atau kita dapat mengakses beragam ilmu pengetahuan yang baru .
dan semua itu dapat mempermudah semua pekerjaan yang dilakukan serta dapat
bekomunikasi dengan siapa pun dan dimanapun kita berapa. Tidak itu saja
dengan teknologi kita dapat mencari hiburan seperti main game mendownload
lagu, film dan sebagainya.
- Sebagain besar para responden
yang menjawab kuisoner mengatakan bahwa mereka menghabiskan sekitar tujuh
jam perhari untuk berhadapan dengan laptop, semantara penggunaan handphone
bagi mereka tidak terbatas, bahkan hampir sepanjang hari karena sebagian
besar aktifitas kita telah menggunakan teknologi sehingga saat ini
kehidupan manusia telah bergantung pada teknologi.
- Dampak yang dirasakan pasti
lebih banyak yang posifnya, karena memang pada dasarnya, teknologi
tersebut berfungsi untuk mempermudah seperti mempermudah pekerjaan dan tugas-tugas yang
dilaksaakan dan mudah mendapat informasi dengan cepat sehinnga menambah
wawasan yang luas. Namun disisi lain terdapat dampak negatifnya juga,
salah satunya yaitu akses internet yang tidak terbatas mengakibatkan
penggunanya hanya ingin yang instan-instan saja, pengeluaran menjadi lebih
banyak, Dapat menyita waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar dan
kepentingan-kepentingan lainnya Selain itu, sekarang ini sudah banyak yang
telah menyalahgunakan teknologi seperti saat ini sudah sangat menyebar situs pornografi
yang dapat diakses oleh siapa saja, bahkan dapat diakses oleh anak yang
dibawah umur.
- Hampir semua responden
mengatakan bahwa Jika dalam sehari saja tidak menggunakan teknologi, dapat
dikatakan kehidupan akan menjadi hampa. Hal ini disebabkan karena manusia
sudah sangat ketergantungan terhadap penggunaan teknologi tersebut. Dan
tidak dapat dipungkiri kalau teknologi tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan sekarang ini, sebab teknologi sudah menjadi konsumsi dari berbagai
kalangan, tidak luput juga bagi dunia pendidikan.
3.2 KESIMPULAN
Jadi, berdasarkan hasil kuisoner
yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemajuan teknologi
saat ini merupakan suatu hal yang sangat penting dikalangan mahasiswa/i
khususnya di kota Medan. saat ini hampir semua kegiatan kita sudah bergantung
pada teknologi. Dan dengan adanya teknologi pekerjaan bisa diselesaikan dengan
cepat dan mudah. Teknologi juga bisa menjadi salah satu alternative dalam
kegiatan belajar mengajar. Seperti
dapat membantu kita dalam menyelesaikan tugas perkuliahan, dan Belajar dengan
menggunakan teknologi dapat membantu mengembangkan materi secara mandiri,
Teknologi juga sangat membantu dalam memperluas wawasan , serta dengan teknologi dapat memudahkan kita untuk
berkomunikasi dengan siapa pun dan dimanapun. Sehingga bagi mahasiswa/i dampak
positif teknologi lebih besar karena memang pada dasarnya teknologi
tersebut berfungsi untuk mempermudah pekerjaan, dan sebagai alat komunikasi.
Tetapi disisi lain terdapat dampak negatifnya juga, salah satunya yaitu akses
internet yang tidak terbatas mengakibatkan penggunanya hanya ingin yang
instan-instan saja, pengeluaran menjadi lebih banyak, Dapat menyita waktu yang
seharusnya digunakan untuk belajar dan kepentingan-kepentingan lainnya Selain
itu, sekarang ini sudah banyak yang telah menyalahgunakan teknologi seperti
saat ini sudah sangat menyebar situs
pornografi yang dapat diakses oleh siapa saja, bahkan dapat diakses oleh anak
yang dibawah umur.
3.3 EVALUASI
Mulai dari proses perencanaan hingga proses
evaluasi ini, kami tidak mengalami kendala yang begitu berat. Hanya saja waktu Pelaksanaan observasi & pemberian kuisoner, diskusi
untuk menganalisis data yang diperoleh, Pembuatan laporan dan kesimpulan penelitian kami mengalami sedikit
keterlambatan dari jadwal yang sebelumnya telah direncanakan. Dan mengalami
kesulitan dalam menyatukan ide untuk membuat desain poster, tetapi hal tersebut
tidak mengurangi antusias kami untuk melaksanakan tugas mini proyek sebaik mungkin.
Evaluasi Jadwal
No.
|
Kegiatan
|
Tanggal
perencanaan
|
Tanggal
Pelaksanaan
|
Tempat
|
1.
|
Diskusi pemilihan topik dan
penentuan judul
|
21 April
2012
|
21 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
2.
|
Diskusi perencanaan kegiatan dan
penentuan metode yang akan digunakan
|
25 April
2012
|
25 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
3.
|
Diskusi pembuatan pendahuluan dan
landasan teori
|
26 April
2012
|
26 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
4.
|
Diskusi penentukan alat dan bahan
|
27 April
2012
|
27 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
5.
|
Diskusi penentukan subjek
|
27 April
2012
|
27 April
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
6.
|
Diskusi pembuatan kuesioner
|
4 Mei
2012
|
4 Mei
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
7.
|
Pembelian reward
|
5 Mei
2012
|
5 Mei
2012
|
Pajus
|
8.
|
Pelaksanaan observasi
& pemberian kuisoner
|
9, 10 Mei
2012
|
10,11,
12 Mei 2012
|
UMSU, IAIN, USU , POL,ED
|
9.
|
Diskusi untuk menganalisis data
yang diperoleh
|
15 Mei 2012
|
16 Mei
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
10.
|
Pembuatan laporan
|
16 Mei 2012
|
17 Juni
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
11.
|
Penarikan kesimpulan
|
2 Juni
2012
|
2 Juni
2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
12.
|
Pembuatan poster
|
3 Juni
2012
|
3
Juni 2012
|
Rumah hikmah
|
13
|
Evaluasi
|
4
Juni 2012
|
4
Juni 2012
|
Fakultas Psikologi USU
|
14
|
Posting Blog
|
6
Juni 2012
|
9
Juni 2012
|
Rumah masing-masing anggota
|
3.4
TESTIMONI
Testimoni kelompok :
Menurut kelompok kami, tugas mini proyek ini merupakan pembelajaran yang baru bagi kami
dalam melakukan penelitian, sehingga kami menyadari bahwa hasil penelitian kami ini
tentu masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan. Dan dengan diberikan
tugas mini proyek ini kami mendapat
banyak pelajaran dari penelitian ini, meskipun ini masih proyek mini,
tetap kita harus bertanggung jawab dan teliti terhadap hasil yang kita
dapatkan. Dan disini kami juga dapat mengembangkan kreativitas kami, misalnya
pada pembuatan poster
Nur Hikmah
Tugas
mini proyek ini merupakan hal yang baru
bagi saya. sehingga kami menyadari bahwa hasil penelitian kami masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan.
Tetapi, hal yang terpenting adalah pengalaman dan pembelajaran yang kami
dapatkan dari kegiatan ini untuk menjadi motivasi awal bagi kami agar berusaha
lebih optimal lagi dalam penelitian selanjutnya. Dan dalam penelitian ini kami
juga merasa terbantu oleh partisipasi dari para mahasiswa/i dari beberapa
Universitas di Medan ini yang bersedia memberikan tanggapannya dalam kuisoner
kami. Dan dengan adanya tugas proyek ini
dapat menambah pengalaman baru dan wawasan kami.
Devi Ramadana
Dalam mengerjakan tugas mini proyek ini saya mengalami
lumayan kesulitan. Ini merupakan suatu hal yang baru bagi saya dalam melakukan
penelitian seperti ini. Tetapi dengan semangat yang diberikan oleh teman
kelompok, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan semaksimal yang
kami bisa. Tugas ini tentunya menambah pengalaman serta pengetahuan saya.
Nur Hayani
Tugas mini proyek ini tentunya menambah pengetahuan saya
tentang sebuah penelitian. Dalam mengerjakan tugas ini ada sedikit hambatan
yang saya dan teman saya hadapi seperti menentukan, membuat dan masalah waktu
dalam pengerjaannya. Dan dalam penilitian ini banyak informasi yang kami
dapatkan dan sebagai pembelajaran juga buat kami.
DAFTAR
PUSTAKA
Santrock, John W. 2008, Psikologi
Pendidikan Edisi Kedua, Penerbit: Kencana Prenada Media Group: Jakarta
0 komentar:
Posting Komentar