Prinsip Belajar
Teori pemrosesan informasi membahas langkah-langkah dasar
yang diambil individu untuk memperoleh, menyandikan, dan mengingat informasi.
Asumsi
Dasar
Dua asumsi dasar yang mendukung riset pemrosesan informasi
adalah :
a) sistem memori adalah pengolah
informasi yang aktif dan terorganisasi
b) pengetahuan sebelumnya berperan
penting dalam belajar.
Terkait dengan asumsi dasar ini adalah keyakinana tentang :
a. hakikat system memori manusia
b. cara-cara bagaimana butir-butir
pengetahuan dilambangkan dalam memori jangka panjang
c. organisasi pengetahuan dalam memori jangka panjang.
Komponen
Belajar
Komponen utama dari belajar adalah :
- Kerangka belajar, yang mencakup pengetahuan sebelumnya yang dimiliki pemelajar dan organisasi informasi yang akan dipelajari.
- Proses yang diidentifikasi dalam model memori multitahap dan interaksinya. Proses tersebut adalah persepsi, pengkodean, dan pengkonstruksian makna, interaksi antara memori kerja dengan memori jangka panjang, dan pengambilan kembali (retrieval).
Kerangka Belajar
Belajar yang efektif dan efisien
bergantung pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah bentuk
pengetahuan dalam kerangka kognitif seseorang. Faktor eksternal yang paling
penting adalah hakikat dan organisasai pengetahuan yang akan dipelajari
Komponen Pembelajaran
Komponen utama dalam pembelajaran adalah:
- Menstrukturisasi kerangka belajar adalah memberi kontribusi bagaimana pengetahuan pemelajar berinteraksi dengan pengetahuan baru dan menstruktur informasi yang akan dipelajari dengan cara yang bermakna.
- Memfasilitasi perhatian pemelajar adalah menciptakan lingkungan yang membuat siswa dapat fokus pada tugas-tugas penting dan kemudian memberi penilaian informal atas persepsi pemelajar.
- Memfasilitasi pengkodean informasi adalah mengajari siswa dalam mempermudah mengkodekan informasi yang dipelajari .
- Mengajari siswa strategi mengkontruksi makna adalah dengan menggunakan dua strategi spesifik yang efektif untuk mengkonstruksi makna dari teks dan materi lisan adalah peringkasan dan pertanyaan diri.
Daftar Pustaka
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana
0 komentar:
Posting Komentar