Pages

Minggu, 27 Oktober 2013

Teori Perkembangan Psikologi Kultural-Historis Vygotsky




Prinsip perkembangan psikologis
Tujuan Vygotsky adalah menciptakan psikologi secara teoritis dan metodologis sederajat dengan meneliti karakteristik manusia yang unik.
Asumsi Dasar
Ada tiga bidang yang membentuk landasan analisi Vygotsky terhadap perkembangan kapabilitas mental manusia, yaitu: 
  • Hakikat kecerdasan manusia  
  • Dua deret baris perkembangan psikologis yang berbeda, biologis dan cultural histori.
  • Desain mode eksperimental untuk menginvestigasi proses psikologis yang dinamis.
Prinsip Pembelajaran
Baik itu kultur individual maupun hubungan pendidikan dengan perkembangan berperan penting dalam perkembangan kognitif. Mereka member dasar untuk menyimpulkan asumsi dasar tentang pembelajaran.
Peran kultur

Menurut Vygostsky, kultur tidak hanya memberi latar untuk perkembangan kognitif individual. Kultur memberi symbol-symbol  cultural (perangkat psikologis) dan anak belajar berpikir dengan bentuk penalaran ini.
Vygotsky dan Luria meneliti pendapat mereka tentang perbedaan historis-kultural di awal 1930-an di wilayah Uni Soviet secara terpisah. Studi ini menyimpulkan bahwa membandingkan objek berdasarkan atribut logis dan mengeneralisasikannya ke dalam kategori logis yang sudah dikenal baik bukanlah sebuah operasi yang universal.

Hubungan antara Pendidikan dan Perkembangan
Vygotsky mendeskripsikan dua cara pembelajaran mempengaruhi perkembangan, yaitu:  pertama, berlajar yang baik akan mendahului dan memandu perkembangan, tugas kognitif yang dapat diselesaikan anak dengan guru pada hari ini, akan dapat diselesaikan sendiri esok harinya. Dengan kata lain, baik itu pembelajaran maupun imitasi berperan penting dalam perkembangan anak. Kedua, pelajaran akademik merupakan hal penting untuk perkembangan kognitif anak. Yakni, “pemikiran abstrak berkembang di semua pelajaran (yang dipelajari pemelajar)”. Pelajaran seperti membaca dan matematika memuat aktivitas yang membutuhkan kesadaran diri dan control sadar.

Komponen Pembelajaran
Komponen penting dari pembelajaran adalah :
  • Menentukam tahap pembelajaran yang tepat 
  • Mengimplementasikan hokum genetic perkembangan kognitif
  • Mengembangkan pemikiran verbal siswa 
Daftar Pustaka 
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana








0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 27 Oktober 2013

Teori Perkembangan Psikologi Kultural-Historis Vygotsky

Diposting oleh Hikmah Nasution di 03.31



Prinsip perkembangan psikologis
Tujuan Vygotsky adalah menciptakan psikologi secara teoritis dan metodologis sederajat dengan meneliti karakteristik manusia yang unik.
Asumsi Dasar
Ada tiga bidang yang membentuk landasan analisi Vygotsky terhadap perkembangan kapabilitas mental manusia, yaitu: 
  • Hakikat kecerdasan manusia  
  • Dua deret baris perkembangan psikologis yang berbeda, biologis dan cultural histori.
  • Desain mode eksperimental untuk menginvestigasi proses psikologis yang dinamis.
Prinsip Pembelajaran
Baik itu kultur individual maupun hubungan pendidikan dengan perkembangan berperan penting dalam perkembangan kognitif. Mereka member dasar untuk menyimpulkan asumsi dasar tentang pembelajaran.
Peran kultur

Menurut Vygostsky, kultur tidak hanya memberi latar untuk perkembangan kognitif individual. Kultur memberi symbol-symbol  cultural (perangkat psikologis) dan anak belajar berpikir dengan bentuk penalaran ini.
Vygotsky dan Luria meneliti pendapat mereka tentang perbedaan historis-kultural di awal 1930-an di wilayah Uni Soviet secara terpisah. Studi ini menyimpulkan bahwa membandingkan objek berdasarkan atribut logis dan mengeneralisasikannya ke dalam kategori logis yang sudah dikenal baik bukanlah sebuah operasi yang universal.

Hubungan antara Pendidikan dan Perkembangan
Vygotsky mendeskripsikan dua cara pembelajaran mempengaruhi perkembangan, yaitu:  pertama, berlajar yang baik akan mendahului dan memandu perkembangan, tugas kognitif yang dapat diselesaikan anak dengan guru pada hari ini, akan dapat diselesaikan sendiri esok harinya. Dengan kata lain, baik itu pembelajaran maupun imitasi berperan penting dalam perkembangan anak. Kedua, pelajaran akademik merupakan hal penting untuk perkembangan kognitif anak. Yakni, “pemikiran abstrak berkembang di semua pelajaran (yang dipelajari pemelajar)”. Pelajaran seperti membaca dan matematika memuat aktivitas yang membutuhkan kesadaran diri dan control sadar.

Komponen Pembelajaran
Komponen penting dari pembelajaran adalah :
  • Menentukam tahap pembelajaran yang tepat 
  • Mengimplementasikan hokum genetic perkembangan kognitif
  • Mengembangkan pemikiran verbal siswa 
Daftar Pustaka 
Gtedler, Margaret. E., 2011., Learning and instruction, teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana








0 komentar on "Teori Perkembangan Psikologi Kultural-Historis Vygotsky "

Posting Komentar